ThinkEdu

Mengenal Apa Itu Altruisme Dalam Psikologi

Mengenal Apa Itu Altruisme Dalam Psikologi
Foto: Pixabay
Lingkaran.id-Pernahkah kamu berada dalam situasi yang membutuhkan bantuan? Pasti rasanya penuh harapan dan merupakan syarat yang tidak mudah. Kondisi ini akan terasa lebih baik ketika ada yang hadir dan memberikan pertolongan.

Perilaku baik hati dan memberi bantuan kepada orang lain disebut perilaku altruistik dalam psikologi. Tak jarang seseorang yang melakukannya kadang dijuluki 'si pembantu', atau bahkan 'si baik hati'.

Altruisme merupakan istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh seorang sosiolog yaitu Auguste Comte dalam karyanya “Catechism Positivist”. Auguste Comte mendeskripsikan altruisme dari kata “alteri” yang berarti orang lain, sehingga altruisme adalah tindakan yang berorientasi pada orang lain. Auguste Comte mengatakan ini berbeda dengan egois, yang mengutamakan tindakan yang mementingkan diri sendiri.

Mengapa Hidup Sering Merasa Cemas

Istilah Altruisme juga dapat dijelaskan menurut psikologi. Kamus American Psychological Association (APA) menjelaskan altruisme sebagai sikap dan perilaku ketika seseorang tidak mementingkan diri sendiri dan memberikan manfaat atau bantuan kepada orang lain. Altruisme termasuk dalam bagian perilaku prososial yang mengacu pada tindakan yang bermanfaat bagi orang lain tanpa ada motif yang terkait dengan tindakan atau perilaku yang diberikan.

Dalam sikap dan perilaku altruisme terdapat nilai kesukarelaan yang membuat individu terus membantu atau memberikan bantuan tanpa ada pemilihan atau imbalan dari penerima. Dalam beberapa situasi, tidak jarang perilaku altruistik memiliki resiko dan cenderung membahayakan diri sendiri.***
 
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Pilih yang terbaik
Berita Terbaru
Pilih yang terbaik