ThinkEdu

Yayasan Val The Consultant Indonesia Terlibat Kasus Penganiayaan Anak Selebgram Aghnia, Ternyata Belum Miliki Izin Beroperasi

Yayasan Val The Consultant Indonesia Terlibat Kasus Penganiayaan Anak Selebgram Aghnia, Ternyata Belum Miliki Izin Beroperasi
Foto : Tangkapan Layar
Lingkaran.id - Yayasan Val The Consultant Indonesia, sebuah lembaga penyalur pekerja rumah tangga, kembali menjadi sorotan publik setelah terlibat dalam kasus penganiayaan anak selebgram Emy Aghnia Punjabi. Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Anwar Sanusi, mengonfirmasi bahwa hingga saat ini, yayasan tersebut belum memiliki izin beroperasi.

Dalam pernyataannya pada Minggu (31/3/2024) malam, Anwar Sanusi menyebut bahwa proses perizinan Val The Consultant Indonesia masih berada dalam tahap verifikasi.


Aghnia Punjabi Intogerasi Pengasuh yang Aniaya Sang Anak: Agen Miliki Reputasi Besar

"Saat ini prosesnya (perizinan) belum selesai, masih verifikasi. Ada dokumen yang belum lengkap. Jadi kalau dikatakan belum berizin, artinya memang belum selesai (proses verifikasi)," ujarnya.

Lebih lanjut, Anwar menjelaskan bahwa PT Val The Consultant Indonesia memiliki banyak usaha, termasuk yang terkait dengan lembaga penyalur pekerja rumah tangga. Namun, proses verifikasi untuk lembaga tersebut belum selesai.

"Dalam catatan kami, sampai saat ini belum dilengkapi. Ini kan lembaga penyalur pekerja rumah tangga, ada prosedur yang memang harus dilengkapi," tambahnya.

Dikarenakan adanya kasus penganiayaan yang melibatkan lembaga tersebut, Anwar menegaskan bahwa proses verifikasi izin usaha akan menjadi lebih panjang.

"Tentu saja dengan adanya kasus ini, prosesnya akan lama," ungkapnya.

Dugaan Kasus Kekerasan Terhadap Anak Selebgram: Anak Aghnia Punjabi Dianiaya Hingga Lebam oleh Pengasuh Sendiri

Anwar juga mengimbau masyarakat untuk memilih lembaga penyalur pekerja rumah tangga yang sudah terdaftar dan terverifikasi untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan dan  lebih berhati-hati dalam memilih layanan penyalur pekerja rumah tangga serta menyoroti pentingnya izin operasional dari lembaga yang akan dipilih.

"Untuk masyarakat, pakai jasa penyalur pekerja rumah tangga yang sudah terverifikasi. Dalam sistem kita di SIAPkerja sudah ada informasinya perusahaan mana saja yang sudah terverifikasi," tandasnya.***

Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Webinar Thinkedu
Berita Terbaru