ThinkEdu

Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari

Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari
Foto oleh Pixabay - tautan
Lingkaran-Ketika bangun di pagi hari dengan minum air putih memberikan manfaat sangat penting untuk proses dalam tubuh kita, karena akan mengangkut nutrisi ke sel, mengatur suhu tubuh, dan melumasi sendi.

Jika seseorang mengganti minuman pagi mereka yang biasa dengan air putih, itu bisa memberi mereka beberapa manfaat untuk kesehatan.

Kenaikan Harga Air PDAM Tirta Musi Per Agustus 2022 di Palembang

Berikut ini manfaat dan bukti ilmiah mengenai minum air putih saat pagi hari yaitu:
  • Untuk menurunkan berat badan
Beberapa orang percaya bahwa minum air mineral di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.Dalam sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa asupan cairan yang lebih tinggi memiliki hubungan dengan peningkatan komposisi tubuh pada orang dewasa muda.

Sebuah studi yang lebih tua di tahun 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua kehilangan lebih banyak berat badan ketika mereka minum 500 mililiter (ml) air sebelum makan selama 12 minggu.

Para peneliti juga mengaitkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.
  • Meningkatkan suasana hati
Minum air juga dapat memiliki efek positif pada suasana hati seseorang.
Dalam sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam jumlah sedikit memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Penelitian yang sama menemukan bahwa ketika individu yang biasanya minum air dalam jumlah besar dan harus mengurangi asupan air mereka, mereka mengalami lebih banyak rasa haus, penurunan kepuasan, dan pengurangan ketenangan dan emosi positif.

Di sisi lain, sebuah studi 2019 juga menemukan bahwa dehidrasi memengaruhi suasana hati secara negatif, sementara rehidrasi meningkatkan suasana hati dan gejala kelelahan.
  • Kesehatan kulit
Dengan minum air putih beberapa orang percaya bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Kulit mengandung sekitar 30% air, yang membantu kulit tetap montok, meningkatkan elastisitas dan ketahanannya.

Sebuah studi yang lebih tua dari 2015 menemukan bahwa peningkatan asupan air mungkin memiliki efek positif pada fisiologi kulit yang tampaknya lebih terhidrasi, terutama pada peserta yang biasanya minum lebih sedikit air.

Sebuah tinjauan 2018 menemukan bahwa meningkatkan asupan air dapat meningkatkan hidrasi lapisan luar kulit. Namun, para peneliti mencatat bahwa tidak jelas apakah ini akan bermanfaat bagi orang dewasa yang lebih tua.

Pemerintah Pertimbangkan Berikan Vaksin Dosis Empat, Kemenkes : Pandemi Jangka Panjang

Meski begitu, hidrasi kulit yang memadai mungkin tidak cukup untuk mencegah kerutan atau mengimbangi efek matahari, genetika, atau lingkungan. Oleh sebab itu, minum air sepanjang hari dapat membantu seseorang menghidrasi kulit mereka.***
 
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Place your ads here
Berita Terbaru