ThinkEdu

World Hydropower Congress 2023 Ungkap Bumi Memasuki Fase Pendidihan Global

World Hydropower Congress 2023 Ungkap Bumi Memasuki Fase Pendidihan Global
Foto : X/@Jokowi
Lingkaran.id- Dalam World Hydropower Congress 2023 yang berlangsung di Bali, PBB menggulirkan prediksi mengejutkan terkait pemanasan global. Menurut laporan terbaru PBB, bumi tidak lagi mengalami pemanasan global, tetapi telah memasuki fase pendidihan global.

Ancaman serius menghampiri manusia: 210 juta orang menghadapi kekurangan air, 14 persen populasi terpapar gelombang panas, 290 juta rumah terendam banjir pesisir, dan 600 juta orang mengalami malnutrisi akibat gagal panen jika kenaikan suhu bumi melampaui 1,5 derajat Celsius.

Miris! Anak Pensiunan Polisi Di Sulteng Diduga Bunuh Bocah 8 Tahun

Menanggapi ancaman ini, World Hydropower Congress 2023 diharapkan menghasilkan rekomendasi kebijakan yang mendukung bumi yang lebih lestari. Indonesia, sebagai tuan rumah acara ini, menonjolkan komitmennya dalam mempercepat transisi energi melalui penambahan energi baru terbarukan dalam skala besar.

Potensi energi hijau di Indonesia mencapai 3.600 gigawatt yang berasal dari sumber matahari, angin, panas bumi, arus laut, ombak, bioenergi, dan hidro. Khususnya dalam energi hidro, Indonesia memiliki lebih dari 4.400 sungai yang potensial, termasuk sungai-sungai besar seperti Sungai Mamberamo di Papua dan Sungai Kayan di Kalimantan Utara.

Pemerintah Indonesia telah merumuskan rencana strategis untuk mengoptimalkan potensi hidro ini. Salah satu langkah penting adalah percepatan jalur transmisi listrik dari lokasi tenaga hidro menuju pusat pertumbuhan ekonomi dan industri. Dengan menyambungkan energi hijau ke pusat-pusat pertumbuhan ini, manfaatnya diharapkan meningkat secara signifikan.

Pasukan Zionis Israel Terus Bombardir Kamp Pengungsi Jabalia di Jalur Gaza, Korban Tewas Terus Bertambah

Melalui inisiatif ini, Indonesia berusaha mewujudkan visi energi hijau yang tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi, tetapi juga melindungi planet ini dari bencana yang tak terelakkan jika tidak ada tindakan konkret.

Pemerintah dan para pemangku kepentingan berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan, menyelamatkan lingkungan, dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi semua warganya.***

 
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Pilih yang terbaik
Berita Terbaru
Pilih yang terbaik