ThinkEduParfum Baux

Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi Di Hari Jum’at

Ahmad Rusli Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:51
Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi Di Hari Jum’at
Foto : Hamza Sefa Yılmaz dari Pixabay
Lingkaran-Hari Jumat merupakan waktu terbaik untuk berdoa dan bermunajat. Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Membaca Surat Al Kahfi ini dapat dilakukan ketika malam Jumat atau Hari Jumat. Surat Al- Kahfi ini ternyata memiliki banyak keutamaan yang dapat mendatangkan pahala dan rezeki melimpah dari Allah SWT.

Tim Para Catur Indonesia Borong 4 Medali Emas Pada ASEAN Para Games 2022

Dengan membaca Surat Al- Kahfi ini, kita akan diberikan ketenangan hati selama sepekan hingga Jumat berikutnya oleh Allah SWT.  

Berikut ini manfaat membaca surah al-kahfi di hari jum’at :
  • Diampuni Semua Dosa
Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.
  • Mendapatkan ridha Allah SWT
Keutamaan surat Al Kahfi bagi umat muslim yang membacanya akan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan berkah bagi dirinya. Sebagaimana dalam hadist riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).
  • Diberikan Cahaya  Hingga Kakbah
Dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a. yang telah mengatakan, "Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka diberikan cahaya baginya yang menerangi antara dia hingga Baitul' Atiq (Ka'bah)."
  • Muncul Cahaya Hingga Jumat Berikutnya
Dari Abu Sa’id, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka memancarlah cahaya baginya sejak mulai membacanya sampai Jumat berikutnya”. Imam Hakim mengatakan bahwa sanad hadis ini sahih.
  • Dipelihara dari Fitnah Dajjal
Artinya: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah; dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya."  Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk membaca Surat Al Kahfi, paling tidak 10 ayat pertama surat tersebut agar selamat dari zaman yang penuh fitnah.
  • Diampuni Dosa di Antara Dua Jumat
Keutamaan surat Al Kahfi yang pertama adalah Allah SWT akan mengampuni dosa atas segala perbuatan bagi seseorang jika membaca surat Al Kahfi di hari Jumat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari Abdullah bin Umar yang artinya, "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat.
Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Rina Marlina Berhasil Persembahkan Dua Medali Emas Untuk Indonesia Dalam Ajang Para Bulutangkis ASEAN Para Games 2022

Demikian lah beberapa keutamaan dalam membaca surah Al-Kahfi di hari Jum’at yang penuh berkah.***

 
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Generasi Digital Intelektual
Berita Terbaru