ThinkEdu

Nasib SDN ini Hanya Dapat 4 Murid Baru di Tahun Ajaran 2024/2025

Nasib SDN ini Hanya Dapat 4 Murid Baru di Tahun Ajaran 2024/2025
Foto : Ist
Lingkaran.id - Keadaan SDN 331 Gresik di Dusun Poloasem, Desa Daun, Kecamatan Sangkapura, Bawean, Gresik saat ini menjadi sorotan karena hanya berhasil menarik empat murid baru pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025.

Kondisi ini bukanlah yang pertama kali terjadi, karena SDN 331 selalu minim murid baru setiap tahun ajaran baru. Tahun lalu, mereka hanya menerima lima murid baru. Kondisi ini mencerminkan tantangan yang dihadapi sekolah ini, yang sudah lama mengalami penurunan jumlah penerimaan murid baru setiap tahunnya.

Seorang Remaja 19 Tahun Tega Perkosa Siswi SMA Hingga Hamil Usai Kenalan Lewat Instagram

"Insyaallah jumlah siswa kelas 1 tahun ini ada empat anak," ungkap Kepala UPT SDN 331 Gresik, Safiyanah, pada Selasa (16/7/2024).

Safiyanah menjelaskan bahwa sekolah yang dia pimpin memiliki jumlah murid paling sedikit dibandingkan SD lain di Sangkapura. Saat ini, SDN 331 Gresik hanya memiliki 17 murid dari kelas 1 hingga kelas 6.

Safiyanah mengingat bahwa SDN 331 Gresik dulu pernah memiliki banyak murid. Pada masa lalu, sekolah ini menerima hingga 60 siswa baru saat angka kelahiran masih tinggi dan belum ada program Keluarga Berencana (KB).

"Meskipun siswa di sini cuma sedikit, itu bukan alasan untuk anak-anak tidak memperoleh pendidikan yang layak," tegas Safiyanah.

Selain jumlah murid yang sedikit, SDN 331 Gresik juga menghadapi kendala dalam hal sarana dan prasarana. Banyak jendela yang usang dan sulit dikunci serta atap yang rusak. Kondisi ini menyebabkan sekolah menjadi sarang kelelawar, yang terkadang mengganggu kegiatan belajar mengajar dengan bau tak sedap dari kotoran kelelawar.

Pihak sekolah berharap mendapatkan perhatian dari pemerintah. Namun, mereka kesulitan mengajukan dana bantuan renovasi karena minimnya jumlah murid yang ada.

Viral Istri Sah Gerebek Suami Bersama Wanita Lain di Kost-Kosan

"Kami berharap ada anggaran rehab, tapi untuk mendapat bantuan itu jumlah siswa minimal 60. Sehingga kecil kemungkinan untuk mendapatkan rehab," kata Safiyanah.

Dengan kondisi yang ada, SDN 331 Gresik tetap berkomitmen memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak di daerah tersebut, meskipun jumlah muridnya sangat sedikit dan fasilitas yang ada sangat terbatas***

Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Bina Husada
Berita Terbaru
Pilih yang terbaik