ThinkEduParfum Baux

Jaringan 3G Akan Dihapus Secara Perlahan Oleh Kominfo, Berikut Infonya!!

Ahmad Rusli Sabtu, 06 Agustus 2022 | 9:58
Jaringan 3G Akan Dihapus Secara Perlahan Oleh Kominfo, Berikut Infonya!!
Foto: mohamed Hassan dari Pixabay - tautan
Lingkaran-Johnny G Plate Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengatakan, jaringan 3G akan dihapus secara perlahan. Sebab menurutnya jaringan 4G akan menjadi tulang punggung jaringan telekomunikasi Indonesia.

"Soal (penghapusan) 3G, kita sudah menetapkan pembangunan jaringan telekomunikasi kita nanti yang menjadi tulang punggung adalah 4G," Ucap Johnny dikutip melalui antara.

Mengenal Istilah Mythomania (Kebiasaan Berbohong)


Alasan jaringan 4G menjadi jaringan utama di Indonesia menurutnya karena kapasitas dari 4G lebih besar bila dibandingkan dengan 3G, Namun jaringan di bawahnya yaitu 2G, justru masih dipertahankan.

"Mengingat bahwa masyarakat masih membutuhkan 2G yang berkaitan dengan komunikasi suara, maka kita masih pertahankan untuk masyarakat yang ponselnya masih support kebutuhan 2G," Ucap Johnny G Plate.

"Sedangkan 3G, karena kita sudah bangun 4G yang lebih cepat dan besar kapasitasnya dari 3G, maka 3G perlahan-lahan akan kami face out, sehingga tulang punggungnya menjadi 4G."Tambahnya.

Sejauh ini terdapat ada 2 operator seluler yang berencana menghapuskan jaringan 3G dari layanannya, yakni Telkomsel dan XL.

Mengenal Istilah Fear Of Missing Out (FOMO)

Telkomsel secara bertahap akan melakukan upgrade layanan 3G ke 4G/LTE di 504 kota dan kabupaten di Indonesia mulai Maret 2022. Proses ini akan membuat sejumlah kota dan kabupaten tidak lagi mendapat jaringan 3G Telkomsel.

Menurut Menteri Johnny, perkembangan jaringan dan teknologi yang dinamis tidak terelakkan saat ini, termasuk kehadiran 5G yang sudah mulai familiar di Indonesia.

"Karena teknologi telekomunikasi sangat cepat, kita tentu tidak mungkin meninggalkan dan terlambat untuk mengembangkan 5G di Indonesia, sehingga kita juga mengembangkan 5G experience,".

Indonesia Menjadi Juara Umum Parabadminton Di ASEAN Para Games 2022

Menurut Menteri Johnny, jaringan 5G model bisnisnya berbeda dengan 4G, yang lebih berbasis klaster dan wilayah. Oleh sebab itu sudah diberikan lisensi untuk tiga operator nasional kita untuk lakukan deployment dan roll out 5G di Indonesia," Ucap Menkominfo.***
 
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Generasi Digital Intelektual
Berita Terbaru