ThinkEdu

Pemkot Palembang Luncurkan Inovasi KTP Digital

Padel M. Agam Jumat, 23 September 2022 | 7:12
Pemkot Palembang Luncurkan Inovasi KTP Digital
Foto : Tim Lingkaran
Lingkaran.id- Pemerintah Kota Palembang telah melakukan inovasi digitalisasi dalam penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dirilis pada Rabu (21/9/2022).

Penerapan KTP digital tersebut melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital berbasis mobile yang akan diberlakukan kepada seluruh masyarakat Palembang dan dapat diunduh melalui android.

BREAKING NEWS !!! Telah Terjadi Kebakaran Di Arah TPA Kertapati Palembang

Berdasarkan instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) penerapan KTP digital tersebut untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses perpindahan data dan mempercepat layanan publik.

Penerapan KTP digital merupakan salah satu inovas yang dilakukan untuk mempermudah pelayanan publik, hal ini diungkapkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Palembang yakni Ratu Dewa yang juga menyebutkan bahwa telah diberlakukan saat ini.

"KTP digital mulai diterapkan bertahap untuk pegawai di Pemkot Palembang, dan mulai berlaku hari ini untuk seluruh pegawai dari kelurahan hingga dinas," ungkap Ratu Dewa.

Pencatatan Obligasi Berkelanjutan Tahap VI Sarana Multigriya Finansial Tahap III Tahun 2022

KTP digital berfungsi untuk memberikan informasi terakait data diri apabila masyarakat tidak membawa fisik identitas atau KTP.

"Terutama bagi warga yang kelupaan membawa fisik KTP saat berada di luar rumah. Jadi KTP bisa dilihat di HP melalui aplikasi," jelasnya.***
 
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Generasi Digital Intelektual
Berita Terbaru