ThinkEdu

BMKG Himbau Pemudik Lebaran 2023 Potensi Banjir Pesisir Hingga Gelombang Tinggi

BMKG Himbau Pemudik Lebaran 2023 Potensi Banjir Pesisir Hingga Gelombang Tinggi
Foto : Freepik/@wirestok
Lingkaran.id­- Himbaun telah diberikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kepada masyarakat dan khususnya pemudik yang melewati jalur pesisir untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya banjir pesisir pada Lebaran 2023.

Sejumlah jalur pesisir yang akan berpotensi banjir lantaran dipengaruhi cuaca yang saat ini memiliki curah hujan tinggi akan terjadi disejumlah titik, diantaranya Pesisir Banten, Pesisir Utara-Pantura (Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Tengah, dan Pesisir Jawa Timur) , hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

BPPTKG Tingkatkan Potensi Bahaya Usai Gunung Merapi Terus Muntahkan Lava Pijar

Di sejumlah titik banjir pesisir atau rob kemungkinan akan sangat mengganggu arus mudik. Selain itu aktivitas warga di sekitar pelabuhan dan pesisir juga ikut terdampak, seperti bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” ungkap Dwikorita dalam keterangan resminya, pada Selasa (18/4/2023).

Faktor potensi banjir di jalur pesisir ini juga dipegaruhi oleh adanya potensi gelombang tinggi air laut yang akan terjadi berkisar 4.0-6,0 meter terjadi di sejumlah wilayah Indonesia selama periode Lebaran 2023, sehingga Dwikorita mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan transportasi laut untuk berhati-hati dan waspada perjalanan.

“Imbauan ini juga berlaku untuk nelayan, penyedia jasa transportasi, operator transportasi laut, pelaku wisata bahari, dan masyarakat yang tinggal maupun beraktivitas di wilayah pesisir,” imbau Dwikorita.

Viral Puluhan Mobil Pemudik Nyasar Ke Lahan Perkebunan

Potensi gelombang tinggi air laut  pada periode Lebaran 2023 untuk wilayah umumnya berkisar 0,5-1,0 meter hingga mencapai 2,5-4.0 m meliputi sejumlah wilayah diantaranya di wilayah Pesisir Barat Sumatera, Samudera Hindia Barat Aceh hingga Nias, Selat Sunda bagian Selatan, Pesisir Selatan Bali hingga Sumba, dan Samudera Hindia Selatan Bali hingga Sumba.

“Gelombang dengan ketinggian 4,0-6,0 m terpantau di wilayah Pesisir Barat Enggano hingga Lampung, Pesisir Selatan Jawa, Samudera Hindia Selatan Enggano hingga Lampung dan Samudera Hindia Selatan Jawa,” jelasnya.***

 
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Bina Husada
Berita Terbaru