ThinkEdu

Mengenal Lebih Dekat Inspirasi Bjorka dan Situs BreachForums

Padel M. Agam Senin, 12 September 2022 | 8:21
Mengenal Lebih Dekat Inspirasi Bjorka dan Situs BreachForums
Foto : Tim Lingkaran
Lingkaran.id- Peretas dokemen pribadi hingga rahasia negara yang memiliki nama akun Bjorkanism kini menjadi perhatian masyarakat Indonesia lantaran menjadi sangat misterius usai kebocoran sejumlah data.

Melalui akun Twitter @bjorkanism menyatakan bahwa dirinya berasal dari Warsaw, Polandia yang merupakan ibu kota Polandia. Warsaw dibelah oleh sungai Vistula. Kota ini memiliki penduduk sekitar 1,8 juta jiwa, namun masih banyak yang meragukan asal Bjorka.

Penggunaan nama Bjorka terinspirasi dari seorang penyanyi asal Iceland yakni Björk, hal ini telihat dari foto profil  yang digunkan sang hacker Bjorka yang merupakan gabungan sejumlah foto dimana salah satunya adalah foto Björk dalam album yang berjudul Utopia.

Hacker Bjorka Kembali Beraksi Retas Data Puan Maharani, Erick Thohir Hingga Sentil Denny Siregar 'Hidup Pakai Uang Rakyat'

Diketahui album tersebut dirilis pada 24 November 2017 yang menampilkan wajah Björk dirias sedemikian rupa seperti wajah alien yang mengambil konsep riasan tersebut diambil mirip rahim seorang wanita yang digambarkan sangat indah layaknya bunga yang merekah.

Namun dalam foto yang digunakan oleh Bjorka telah digabungkan dengan foto lain sehingga nampak menyeramkan dengan riasan nyentrik dalam foto profil yang digunakannya.

Diketahui hacker Bjorka sering muncul di BreachForums yang merupakan situs terlarang yang banyak menyebarkan atau memperjual belikan data pribadi yang berhasil diretas. BreachForums juga merupakan suksesor atau pengganti dari situs bernama RaidForums usai diblokir tiga minggu. BreachForums dibuat oleh hacker bernama 'pompompurin'.

Algoritma Community Detection Pada Jaringan Sosial

Sejumlah data yang telah berhasil diretas oleh Bjorka mulai dari data rahasia milik Presiden Jokowi, termasuk surat menyurat dari Badan Intelijen Negara (BIN), pribadi Menkominfo Johnny G. Plate, 1,3 miliar data registrasi SIM Card, data penduduk Indonesia dari KPU, data pribadi Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir dan Denny Siregar.

Tidak hanya sejumlah data tersebut Bjorka juga belum selesai dengan itu akan mengancam membeberkan data penting milik Kominfo dan akan meretas laman Pertamina di tengah kenaikan harga BBM hingga akan mengungkap sosok pembunuhan aktivis HAM Munir.***
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Generasi Digital Intelektual
Berita Terbaru