ThinkEdu

Pengembangan Sistem Klasifikasi Untuk Big Data Dengan Pembelajaran Mesin Didanai melalui Hibah Kemendikbud oleh Dosen Universitas Bina Darma

Ahmad Rusli Rabu, 21 September 2022 | 9:42
Pengembangan Sistem Klasifikasi Untuk Big Data Dengan Pembelajaran Mesin Didanai melalui Hibah Kemendikbud oleh Dosen Universitas Bina Darma
Foto : www.analyticssteps.com
Lingkaran.id- Setiap hari, orang di seluruh dunia mengunggah 1,2 juta video ke YouTube atau lebih dari 100 jam per menit, dan angka ini semakin meningkat. Kondisi data yang bertumpuk terus menerus ini akan sia-sia jika tidak dimanfaatkan kembali.

Untuk menggali informasi terhadap data berskala besar, teknik yang disebut dengan data mining bisa menjadi solusi. Salah satu teknik dalam data mining adalah klasifikasi.

Penelitian ini  fokus kepada pengembangan sistem klasifikasi data dengan menggunakan tiga algoritma untuk klasifikasi data YouTube kedalam kategori Kesenian dan Sains.

Universitas Bina Darma Gelar Pelatihan Membuat Blog Kepada Mahasiswa dan Siswa Magang

Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Scraping yang diambil dari website YouTube berupa link, judul, deskripsi, dan pencarian.

Pada tahun pertama penelitian ini akan fokus kepada melakukan pengumpulan data dan kajian literature tentang klasifikasi data dan pembelajaran mesin. Tahun peratama ditargetkan akan menghasilkan hak cipta berupa program computer Sistem crawler data yang diimplementasikan dalam skala prototype dan mempublikasi hasil penelitian di prosiding konferensi Internasional.

Pada tahun kedua penelitian ini akan fokus dalam pengembangan sistem klasifikasi dengan menggunakan pemanfaatan algoritma pembelajaran mesi dan melakukan beberapa uji coba.

Penelitian ini merupakan kegiatan tahun kedua dari Hibah yang didapatkan oleh Ria Andryani, MM, M.Kom dan tim pada skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penelitian ini telah menghasilkan beberapa produk akhir diantaranya.

UBD Kembali Cetak Prestasi Mahasiswa Sebagai Juara 3 Vocal Grup Pentas Seni Mahasiswa Daerah Sumsel 2022
  1. Menghasilkan desain alur proses pengumpulan data (data scraping) yang bersumber dari media sosial Youtube.
  2. Menghasilkan program komputer Data Youtube Scarapping.
  3. Menghasilkan dataset Youtube.***


 
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Generasi Digital Intelektual
Berita Terbaru