ThinkEdu

Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial
Foto: Dorothe dari Pixabay - tautan
lingkaran.id-Media sosial merupakan salah satu bentuk teknologi informatika yang berkembang di era ini. Media sosial digunakan oleh berbagai macam kalangan dari anak-anak bahkan usia lanjut.Beberapa tahun terakhir ini penelitian psikologi banyak mengkaji kaitan penggunaan media sosial dengan kesehatan mental.

Ternyata kecanduan internet memiliki dampak pada kesehatan mental seperti harga diri yang rendah, impulsif, kualitas tidur yang buruk, gangguan mood, kecemasan, depresi, prestasi akademik yang menurun, dan bahkan sampai melakukan bunuh diri (Lebni dkk., 2020; Tripathi, 2017).

Kebiasaan Yang Perlu Kamu Stop Mulai Dari Sekarang

Pada dasarnya, orang yang kecanduan media sosial berkaitan dengan pola hubungan sosial dan kebiasaan sehari-hari dalam mengatur waktu. Dengan mengubah pola kebiasaan, kita bisa mengubah kebiasaan buruk yang tidak kita inginkan, termasuk penggunaan media sosial yang berlebihan.

Berikut cara sederhana untuk menghindari kecanduan Media Sosial:
  • Menghapus Aplikasi yang Banyak Menghabiskan Waktu
  • Membuka Media Sosial melalui Website
  • Menjauhkan Smartphone dari Jangkauan
  • Menonaktifkan Notifikasi Media Sosial
  • Mencari hobi
Penggunaan media sosial bagi sebagian orang menjadi kebutuhan mereka untuk membangun relasi dengan orang lain. Namun tidak sedikit pula orang menjadi kecanduan bermain media sosial. Bahkan gangguan ini termasuk dalam salah satu gangguan mental saat ini.

Hubungan dengan relasi sosial juga secara tidak sadar membuat kualitas hubungan dengan orang terdekat (keluarga, orangtua, saudara) justru menurun atau bahkan kehilangan makna. Butuh waktu yang tidak instan agar berhenti menggunakan media sosial atau tidak kecanduan menggunakan media sosial.

Berbicara Tentang Emosi Negatif

Setiap proses butuh waktu dan dilakukan secara bertahap dengan laten. Semoga tips sederhana ini bisa membantu kamu untuk tidak kecanduan bermedia sosial.***
 
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Place your ads here
Berita Terbaru