ThinkEdu

Komnas HAM Beberkan Temuan Fakta Berbeda Dengan Temuan Kepolisian Tragedi Kanjuruhan

Komnas HAM Beberkan Temuan Fakta Berbeda Dengan Temuan Kepolisian Tragedi Kanjuruhan
Foto : Tiktok/@KNmaneges
Lingkaran.id- Temuan sejumlah fakta yang telah di kumpulkan oleh Komnas HAM melalui proses penelusuran dan investigasi sejak 2-10 Oktober 2022 terhadap tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang.

Salah satu temuan Komnas HAM yang mencengangkan pada tragedi Kanjuruhan yakni ditemukannya sejumlah minuman botol, namun minuman botol tersebut merupakan obat ternak bukan minuman beralkohol.

Komnas HAM akan Beberkan Temuan Awal Tragedi Kanjuruhan Hari Ini!

Hal tersebut berbeda dengan temuan pihak kepolisian dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo yang mengungkapkan bahwa 46 botol diduga minuman keras (miras) oplosan di sekitar Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam membeberkan temuan minuman botol tersebut berdasarkan hasil penelusuran dan temuan fakta Komnas HAM pada Kantor Dispora.

"Memang itu (diproduksi) semacam UMKM yang memproduksi untuk pengobatan sapi," ungkap Choirul Anam pada Rabu (12/10/2022).

Polisi Tembakan Gas Air Mata Kadaluwarsa Dalam Insiden Kanjuruhan!

Choirul Anam juga menyebutkan bahwa dalam temuan minuman botol tersebut sebanyak dua kardus itu dikonfirmasi langsung oleh Komnas HAM ke Kantor Dispora dan pemilik botol tersebut.

Dari hasil keterangan yang diberikan oleh pemilik botol tersebut mengungkapkan bahwa  botol yang berjumlah dua dus tersebut merupakan obat sapi dan sengaja dititipkan di Kantor Dispora lantaran akan dibawa ke Jakarta.

"Ini kata mereka ini, bahkan, kalau teman-teman Komnas HAM mau melihat, itu masih banyak barangnya. Nah itu ditunjukkan ke kami, dia jelasin ke kami bahkan dengan botol yang berbeda-beda," jelas Choirul Anam. ***
Berita Lainnya
Video Lingkaran
Berita Populer Bulan ini
Place your ads here
Berita Terbaru